Pages

Penulis Lahir dari Kebiasaan

Menjadi penulis besar tidak perlu latar belakang luar biasa, seperti pangkat atau kedudukan. Buktinya, hampir semua penulis besar justru lahir dari latar belakang biasa - biasa saja, bahkan sebelumnya tidak pernah diperhitungkan orang lain.
Berhasil tidaknya seseorang menjadi penulis besar adalah kekuatan memotivasi diri memulai kemudian membiasakan dan tidak berhenti menulis. Rutinitas itu bukan saja akan membuat pelakunya semakin banyak menemukan ide, melainkan juga terus - menerus mencari referensi untuk tulisannya.
Banyak penulis pada awalnya mengatakan tidak punya bakat menulis tetapi faktanya kemudian malah berhasil menjadi penulis ulung. Siapapun bisa menjadi penulis. Syaratnya, memiliki motivasi untuk menuangkan seluruh ide, pemikiran, atau gagasannya ke dalam.
Calon penulis atau penulis pemula tidak boleh berfikir apakah tulisan yang dihasilkan bermutu atau tidak, yang penting menulis dan terus menulis. Sebab, hal itu menunjukan seberapa besar produktivitas seseorang untuk menuangkan karyanya ke dalam tulisan.
Selanjutnya, kirimkan tulisan itu kesejumlah penerbit jurnal, koran, ataupun majalah. Jangan terlalu berpikir akankah karyanya nanti dimuat atau tidak. Sebab, yang paling penting adalah berbuat yang terbaik untuk karyanya dan memenuhi kriteria atau persyaratan penerbit.
Semua karya tersebut yang terpublikasikan atau pun tidak, sering kemudian menginspirasi untuk menyempurnakannya menjadi sebuah buku. karena itu menulis adalah sebuah investasi besar untuk masa depan diri sendiri juga bangsa.
Sebab, seorang penulis dapat memperkaya tulisan dan mempertajam tulisannya karena juga banyak membaca. Artinya, seorang yang banyak menulis otomatis juga banyak membaca.