Pages

Ngaku, Deh! Alasan Terlambat Masuk Sekolah atau Kuliah Ini Salah Satunya Pernah Kamu Gunakan


Apa halangan tersulit ketika akan pergi kesekolah atau kampus tepat waktu? Bangun pagi!. Bangun pagi seringkali menjadi masalah bagi banyak siswa/mahasiswa. Akibatnya, terlambat masuk kelas pun jadi kebiasaan.Banyak dari kita termasuk saya sendiri pernah terlambat masuk sekolah / kuliah. Ketika terlambat, ada banyak alasan yang diberikan. 
Nah, apa saja alasan yang paling sering diberikan oleh siswa / mahasiswa ketika terlambat masuk kelas? Berikut ulasannya:
  1. Bangunnya Kesiangan PakAntara takut berbohong, males buat alasan yang aneh - aneh atau lagi badmood mau beralasan, ngomong aja "kesiangan". Tapi beneran lho, Alasan bangun kesiangan menjadi alasan nomor satu bagi siswa / mahasiswa yang terlambat masuk kelas. Bangun kesiangan disebabkan karena ia tidur sampai larut malam. Alhasil, kejadian selanjutnya pun sudah bisa ditebak.
  2. Kendaraan Mogok
    Alasan ini juga sering dipake, biasanya sih bensin habis, busi mati, putus rantai, ban pecah,  dll. Alasan ini biasanya digunakan  untuk cari aman/menghindari hukuman. Yaa, namanya juga musibah dijalan
  3. Jadi Korban KejahatanMungkin biar keliatan dramatis, keliatan beda atau memang untuk meyakinkan dosen / guru. Alasan jadi korban kejahatan pun digunakan. Tapi tentu saja bukan kejahatan yang fatal ya.

    Kamu               : "Maaf pak, saya terlambat"
    Guru/Dosen   : "Kenapa terlambat?"
    Kamu              : "Saya tadi kecopetan pak, saya ngejar copet tapi gak ketangkep"
    Guru/Dosen  : "Terus kamu kehilangan dompet?"
    Kamu             : "Bukan dompet, pak"
    Guru/Dosen : "Terus apa?"
    Kamu            : "Buku PR saya pak"

  4. Jalanan Macet
    Alasan paling klasik Jalanan Macet , apalagi dikombinasi dengan rumahnya yang jauh. kelar! ada yang bener - bener terlambat karena macet ada juga yang dibuat buat padahal jalanan gak terlalu macet (mungkin padat merayap).
  5. Susah Dapat Kendaraan Umum
    Alasan terlambat berikutnya Susah nyari angkot, susah nyari ojek, susah nyari bus dsb. terus salah siapa? "salah gue? salah temen - temen gue?". Gak mungkin kan kita nyalahin kendaraan umumnya? Tapi tetep aja ini dijadikan alasan ketika terlambat masuk kelas.
  6. Sakit
    Sakit juga sering digunakan sebagai alasan terlambat masuk kelas, tapi sakit yang dimaksud adalah sakit yang dibuat - buat, misalnya: diare, pusing, demam pas diminta surat keterangan dokter langsung panik. Ya memang gak semua berbohong, ada juga yang terlambat karena sakit /harus berobat dulu. Tapi kalok bohong terlambat karena sakit, biasanya gak lama sih jadi sakit beneran. XD
  7. Nunggu Hujan Reda
    Teman saya (bukan saya) kalok hujan datengnya gak pernah on-time malah kadang bolos, padahal hujannya rintik - rintik doang, lagian kan ada yang namanya jas hujan. Tapi biasanya hujan dijadikan alasan untuk terlambat datang ke kelas.
  8. Salah Pasang Alarm
    Ini termasuk alasan yang menurut saya konyol, tapi sering juga ketemu temen yang make alasan ini. Yang benar bukan salah pasang alarm, tapi situ nya yang salah pasang alarm atau emang gak bangun waktu denger alarm. 

Jika kamu sering terlambat dan menggunakan alasan yang sama, kamu akan di 'cap' sebagai siswa / mahasiswa yang buruk dan tidak bisa disiplin, tukang tipu-tipu dll. Yakin deh, gimanapun kamu ngeles yang namanya guru / dosen walaupun meng-iyakan alasan kamu, beliau pasti bisa bedain mana yang bener mana yang mengada-ada dan biasanya yang bergerak adalah PULPEN nya. XD