Pages

Semakin Tinggi Semester, Semakin Sadar Bahwa KIta Salah Pilih Jurusan. Bertahan Atau ... ?

Inilah dia Fenomena yang acap kali terjadi, tiap berangkat kuliah rasanya bimbang gimana gitu. Setiap lagi kuliah sering berangan. "Andai aku dulu kuliah jurusan ini..., ah ngapa dulu aku gak berani ambil jurusan itu ya..." Mungkin begitu pikir penderita "salah jurusan"

Salah jurusan saat kuliah bisa dikatakan sebagai petaka yang seharusnya dihindari oleh seorang mahasiswa. Kenapa? karena jika kamu salah ambil jurusan, besar kemungkinan kamu akan kehilangan semangat untuk menyelesaikan kuliahmu sampai resiko terburuknya ialah masa depan yang suram.

Kalau sudah dihadapkan dengan situasi seperti ini ya hanya ada dua pilihan, Bertahan atau Pindah Jurusan!.

Pengambilan jurusan bagi setiap calon mahasiswa tentu saja berbeda-beda prosesnya antara satu dengan yang lain.

Ada yang masuk jurusan tertentu karena ikut-ikutan teman 1 gank waktu SMA, ada juga yang terpaksa karena faktor ekonomi hingga memilih jurusan yang lebih terjangkau, ada yang milih jurusan yang  memang relevan dengan passionnya, ada yang memilih jurusan tertentu karena paksaan dari orang tuannya dan ada juga yang memilih jurusan tertentu karena nama jurusan tersebut terdengar sangat keren.

Perlu digaris bawahi, yang berhak untuk menentukan jurusan apa yang ingin kamu tekuni tak lain ialah dirimu sendiri, ya mungkin orang tua, teman atau orang disekitarmu ikut berperan dalam pengambilan keputusan tapi keputusan akhir tetap ada di tanganmu.

Tapi sebelum kalian bilang salah jurusan, coba deh tilik ke masing-masing hati. Apakah benar kalian salah ambil jurusan atau hanya lelah biasa karena bidang yang kamu ambil bukan passionmu?
Sudah berapa lama sih kamu bertahan, berjuang? dan seberapa besar perasaanmu yang ingin pindah jurusan?

Jika kamu memilih berbalik arah ke jurusan yang benar sesuai kata hati atau bertahan dengan keadaan tak bermakna ini! Apapun keputusan yang kamu buat nanti, harus kamu pikir dua tiga kali, kenapa?

Karena kuliah itu bukan ajang main-main dan bisa dikatakan kuliah itu sebagai investasi kita di masa mendatang! Setiap keputusan yang kamu ambil, akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan masa depanmu.

Sedikit saran dari saya, pilihlah jurusan yang sekiranya sesuai dengan passionmu. karena dengan begitu kamu akan lebih bersemangat dalam menekuni bidang yang akan kamu geluti.

Tetapi jika kamu sudah berada di semester tua dan kamu sadar bahwa Kamu salah jurusan, itu adalah musibah. Itu boleh Kamu sesali! Silahkan bersedih.

Ya, kemarin - kemarin kemana aja bro? Kenapa baru sadar di semester setua ini? Amsyong

Oke setelah sadar salah ambil jurusan, langkah selanjutnya adalah bertaubat nasuha. Jika kamu sadar pernah melakukan kesalahan, sekarang perbaikilah.

Masalalu biarlah masalalu. Mungkin benar kamu telah kehilangan waktu yang kurang kamu optimalkan. Tapi itu sudah berlalu, sekaranglah saat yang tepat untuk memperbaiki dan pastikan kamu melakukannya

Move On! Mungkin memang akan sulit, tapi inilah saatnya kamu mengambil tindakan dan bisa dipertanggung jawabkan.

Saatnya mengambil keputusan, apakah tetap bertahan dengan jurusanmu atau harus sesegera mungkin pindah jurusan.

Jika kamu ingin menyerah, sekarang saat yang tepat untuk menyerah dan bergegas untuk memulai perjalanan baru. tetapi jika kamu berkeinginan kuat untuk terus maju, maka majulah tanpa keraguan dan akhiri semua kepedihan ini!

Bertahan atau Pindah Jurusan bukanlah hal yang salah. Yang salah adalah berdiam diri tanpa melakukan apapun, mengasihani diri sendiri bahkan menyalahkan sistem kampus yang ada.

Kamu mungkin berharap adanya keajaiban, duduk - duduk di perpustakaan eh tau tau disuruh wisuda.

Tidak kawan, percayalah itu tidak akan terjadi dan tidak akan pernah. Segeralah ambil keputusan dan bergeraklah!

Oke itu saja, semoga bisa menginspirasi.